Inilah 11 Ciri Ciri Lovebird Jantan dan Betina [Detail !!]

2 min read

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Para penggemar burung tentu tidak asing dengan spesies burung yang bernama Lovebird satu ini, khususnya di golongan burung mania. Burung Lovebird merupakan salah satu tipe burung kicau yang lumayan dibanjiri peminat.

Disebut“ Lovebird” ataupun“ Burung Cinta” sebab burung ini merupakan tipe burung sosial yang tidak dapat dipisahkan dengan pendampingnya. Burung ini cuma memiliki 1 pacar seumur hidup mereka. Tidak hanya itu, sejoli burung ini hendak duduk bersebelahan serta sama- sama mencintai satu sama lain.

Lovebird ialah tipe burung yang melegenda di Indonesia. Corak serta jenisnya juga bermacam- macam, mulai dari Lovebird klep, non- klep, paruh putih, paruh merah, serta paruh oranye. Tidak hanya rupanya yang bermacam- macam, kicauan burung ini pula jadi energi pikat lain untuk para pecinta burung.

Burung Lovebird diketahui bagaikan burung dengan“ ngekek” panjang. Ngekek ialah sebutan yang digunakan di golongan pecinta burung yang berarti kicauan panjang. Burung ini disebut- sebut dapat ngekek cuma dengan satu tarikan napas.

Sebab“ ngekek” nya yang panjang, burung ini kerap diikutsertakan dalam perlombaan kicau burung. Burung Lovebird kerap diucap bagaikan legenda juara ketawa di bermacam kontes burung tingkat nasional.

Hingga tidak heran banyak orang yang rela merogoh kocek buat dapat memelihara burung penuh talenta ini. Tetapi, sempatkah kamu penasaran dengan metode membedakan lovebird jantan serta betina?

Tidak harus takut, ada banyak trik buat mengenali tipe kelamin burung lovebird kamu. Berikut ini hobiburung. com paparkan metode membedakan lovebird jantan serta betina yang dilansir dari bermacam sumber

 

Metode Membedakan Lovebird Jantan serta Betina dari Wujud Fisik

 

  1. Wujud Paruh

Bentuk Paruh Burung Lovebird
Bentuk Paruh Burung Lovebird

Metode membedakan lovebird jantan serta betina yang awal bisa dilihat dari wujud paruhnya. Wujud paruh lovebird jantan umumnya lebih runcing serta cenderung kecil. Sedangkan itu, lovebird betina mempunyai paruh yang tumpul, melebar serta besar.

 

  1. Dimensi Tubuh

Bentuk Tubuh Burung Lovebird Jantan dan Betina
Bentuk Tubuh Burung Lovebird Jantan dan Betina

Lovebird jantan serta betina dapat dibedakan dari dimensi badannya. Badan lovebird jantan cenderung lebih kecil, sebaliknya lovebird betina lebih besar. Tidak hanya itu, kepala lovebird jantan berupa cepak serta lovebird betina berupa melengkung.

 

  1. Lubang Hidung

Lubang hidung lovebird dapat digunakan bagaikan metode membedakan lovebird jantan serta betina. Triknya, tiup bagian hidung lovebird buat memandang wujudnya. Bila lubang hidung lovebird berupa lonjong, bisa ditentukan kalau lovebird berjenis kelamin jantan. Kebalikannya, bila berupa bundar lebar, lovebird tersebut merupakan betina.

 

  1. Wujud Sayap

Bentuk Sayap Burung Lovebird Jantan dan Betina
Bentuk Sayap Burung Lovebird Jantan dan Betina

Metode membedakan lovebird jantan serta betina yang ke- empat merupakan dengan memandang wujud sayapnya. Ujung sayap lovebird jantan umumnya berupa menyilang, ataupun tindih menindih satu sama lain. Sedangkan itu, lovebird betina mempunyai ujung sayap yang sejajar serta tidak menyilang.

 

  1. Wujud Ekor

Bila tadinya memandang wujud sayap, membedakan lovebird jantan serta betina dapat dicoba dengan memandang wujud ekornya. Ekor lovebird jantan cenderung berupa runcing, sebaliknya ekor lovebird betina lebih rata serta lebar.

 

  1. Lingkar Klep Kacamata

Mengenali tipe kelamin lovebird dapat dicoba dengan metode mengecek lingkar klep kacamata alias bagian putih di dekat mata. Walaupun kadangkala tidak nampak, tetapi metode ini dapat dicoba bagaikan alternatif.

Lovebird jantan hendak mempunyai lingkar klep kacamata berupa oval ataupun lonjong. Sebaliknya lovebird betina mempunyai lingkar klep yang bundar.

 

  1. Wujud Anus

Wujud anus lovebird jantan biasanya berupa lebih kecil seolah- olah nampak menonjol. Sebaliknya lovebird betina mempunyai anus yang lebih lebar serta nampak rata.

 

  1. Tulang Pubis

Metode membedakan lovebird jantan serta betina yang berikutnya merupakan jarak antar 2 tulang pubis burung lovebird. 2 tulang pubis lovebird jantan terasa menyempit dikala diraba. Lovebird betina mempunyai tulang pubis yang elastis sehingga jarak antar keduanya lebih lebar.

 

  1. Metode Bertengger

Walaupun lovebird betina lebih besar daripada yang jantan, dikala bertengger lovebird jantan nampak lebih besar. Perihal ini sebab lovebird jantan bertengger dengan kaki agak merapat. Sebaliknya kaki lovebird betina dilebarkan sehingga nampak lebih pendek.

 

  1. Metode membangun sarang

Burung lovebird yang tidak dipelihara umumnya hendak membangun sendiri sarangnya. Tipe kelamin Lovebird dapat dilihat dari metode membangun sarang. Misalnya, lovebird betina lebih aktif mengambil serpihan- serpihan bahan serta mengumpulkannya buat dijadikan sarang.

 

  1. Tingkah Laku dikala Birahi

Semacam yang sudah dikenal, burung lovebird merupakan spesies burung yang cuma mempunyai satu pendamping sejauh hidupnya. Mereka tidak dapat hidup tanpa hadirnya pendamping sehingga mereka wajib senantiasa hidup berdampingan.

Baca Juga Makanan Burung Lovebird Terbaik

Tipe kelamin burung lovebird dapat dilihat dari tingkah laku mereka dikala lagi birahi. Karakteristik khas tingkah laku lovebird jantan ialah mendekati betinanya serta manggut- manggut. Tidak hanya itu, lovebird jantan pula hendak menghasilkan suara berbunyi tek tek tek ataupun cit cit cit buat menarik atensi pendampingnya.

 

Sedangkan itu, lovebird betina cenderung lebih suka menunduk dengan membentangkan sayapnya dengan lebar. Tingkah laku ini kerap diucap dengan posisi“ ngleper”. Lovebird betina pula hendak menggigiti benda- benda yang terdapat di sekitarnya bagaikan ciri kalau mereka lagi menarik atensi lovebird jantan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *